Oleh: hudaesce | 14/11/2010

Jagalah Hatimu

Website for this image hatisejernihair.blogspot.com

 

Dalam setiap Tubuh manusia pastilah mempunyai sebuah Organ yang bernama HATI, Ia diciptakan bukan hanya sekedar melengkapi susunan Organ dalam tubuh manusia. Namun, yang lebih penting daripada itu adalah HATI itu ada karena ia merupakan Pengawal  pergerakan dari jasad manusia itu sendiri.

Jika hati seseorang bersih, maka jasadnya pun juga akan  turut melakukan kebaikan, sebaliknya jika hati itu kotor maka ia pun akan membawa Jasadnyanya membuat perkara-perkara yang menuju ke hal-hal keburukan. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW ”

“Ketahuilah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging, jika ia baik maka baik pula seluruh jasad. Dan jika rusak maka rusak pula seluruh jasad, ketahuilah ia adalah hati.”(HR Bukhari dan Muslim).

Hati tidak hanya sekedar segumpal daging belaka, namun juga  penentu budi pekerti,tindakan dan penentu keputusan terbesar yang akan kita pilih nantinya. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Rosululloh SAW :

“Mintalah fatwa kepada hatimu sendiri. Kebaikan adalah apa-apa yang menentramkan jiwa dan hati, sedangkan dosa adalah apa-apa yang mengusik jiwa dan meragukan hati, meskipun orang-orang memberi fatwa yang membenarkanmu.” (H.R Imam Ahmad bin Hambal dan Iman Ad-Darani)

Coba kita tanyakan pada diri kita, akankah selama ini kita telah benar-benar bisa menjaga dan membersihkan Hati Kita. karena dalam Hati yang insaf dan kuat akan menimbulkan rasa takut serta dapat menahan kesabaran dan hawa nafsu.

Jika keimanan dapat ditingkatkan melalui hati. InsyaALLOH, kita pasti akan menjadi seorang yang bertakwa.


Responses

  1. waduh…menjaga hati ? Sungguh sangatlah susah.
    Apalagi yang namanya kesabaran itu pahit rasanya, walupun manis buahnya.

    • kalo gitu ya…,harus lebih termotivasi untuk merasakan buahnya yang manis dong, agar kita senantiasa bisa selalu menjaga hati.

      • setuju . . . .setuju . . . . setuju!!!! >_<

      • 😆

  2. elama batin tercemar dengan noda, iblis akan berkubang di situ. makin lama, pencemaran makin besar. Jika nurani telah tertutup, batin kita tidak akan mampu lagi dapat melihat jalan kebenaran.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatai permasalahan yang besar.
    Mari kita sama-sama menjaga hati kita dengan baik dan benar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

    • Hati emang menetukan langkah kita kedalam kebaikan atokah kedalam kebrukan ya mas.

  3. Jagalah hati….
    jangan kau kotori
    jagalah hati
    lentera hiduo ini

    • hayo……..,Bajak lagunya cyapa tu…., :mrgreen:

  4. hatiku slalu dijaga 24 jam tuch brooo…!
    pake jasa bodyguard lagi😀 hehehe….

    • baru tau nih aku, kalo ada yang kayak gituan. BTW, bodyguard nya sangaran mana tuh ma SEcret Service nya Mr . Obama Kemaren….,heheheh.

      • owh budyguardku nich gaib lho…
        ga bisa keliatan ma mata telanjang… apalagi telanjang bulat😀 hehehe

      • Hoohohohoho……, 😆 begitu ya,jadi pengen ngerti kayak gimana mOdelnya,🙂

  5. wa, hampir sama dgn postingan bunda ttg hati 🙂
    menjaga hati selalu bersih, agar Allah swt menjadikan kita manusia bertakwa dan bermanfaat bagi sesama .
    salam

    • Iya Nih Bun, tu kan emang kemaren terinspirasi dari tulisannya Bunda.😆

  6. Hati-hati menjaga hati, kalau tidak, akan sakit hati

    • Tul,betul,betul……, Unik juga nih kata-kata mu Bli, 🙂

  7. harus pinter manjaga hati y … 🙂

    • H’em…,agar jika hati kita bersih maka apa yang kita lakukan pasti akan kearah yang baik dan bersih.🙂

  8. Menjaga hati dengan menutrisinya dengan mempertabal keimanan dan saling mengasihi…

    • Yaps, betul banget🙂

  9. subhanallah, postingan yang sangat mencerahkan, mas. terima kasih share infonya. hati konon harus selalu rutin dibersihkan agar tidak sampai terkontaminasi berbagai jenis penyakit hati.

    • Sama-sama pak, semoga bermanfaat tuk semua. hati tu emang harus selalu bersih dari segala kotoron yang seringkali menghinggapinya pak.

  10. menjaga hati itu tdk mudah, seringkali kita kolaps bukan krn sakit, bukan krn miskin, tapi karena sesuatu yg besar telah terjadi pada hati kita🙂

    kunjungan balik, trims

    • Semoga kita termasuk orang yang selalu menjaga hati meskipun sesuatu yang besar terjadi pada Kita, Amin

  11. Bisikan hati … bermakna kebenaran sejati …
    Salam hangat dari Solo

    • hati emnag sejatinya gakkan bisa bohong mas,

  12. Eh mau bersajak sudah keduluan Bang Alamendah
    yap mantap tulisannya
    Mari menjaga hati dan pikiran kita >_<

  13. Ia, mari kita semangat untuk bisa menjaga hati titipan Allah ini, didalam kebaikan dan menuju Mardhotillah…

    • Oke, Laksanakan !!!

  14. yg membolak balikkan hati adalah Allah swt,,,jd kl mw istiqomah hrs igt trs sm yg d atas
    sygny iman itu yangkuz wa yazid…wallahualam..smg qt snantiasa istiqomah djlny
    nice post😀

    • Amin……, Setuju sekali ma ungkapan yang paling atas ntuh,🙂

  15. Iya benar, menjaga hati harus hati hati, krena peranan hati sangatlah besar dalam hidup kita.
    harus membiasakan dari sekarang dan dari hal yang kecil,
    Bali Villas Bali Villa

  16. jagalah hati jangan kau nodai jagalah hati lentera hati ini

  17. tidak cuma hati
    gan tapi organ lainnya juga

    • ya,ya,ya………, Okelah kalo begitu,
      betul juga tuh, percuma kan kalo hatinya sehat tapi orang nya jantungan,heheheh, 😆

  18. Benar sekali. Dan sebaliknya, apabila hati telah kotor maka segala apapun yg diucapkan itu pun akan kotor…🙂

    • Mari menjaga hati dan ucapan kita dari segala Kotoran dunia,

  19. wah mantabs tulisannya jagalah hati
    jangan kau kotori

    • Thanks Untuk Kunjungannya brow, Semoga bermanfaat. 🙂

  20. cara sederhana selau bersyukur, menerma ikhlas apapun terjadi,

  21. semoga kita selalu bisa séperti itu..

  22. walaupun sulit untuk menjaganya tapi harus selalu berusaha, karena dari sinilah segala sesuatu bisa bermula..🙂

    • Yaps…….,segala sesuatunya tu emang bermula dari hati brow.

  23. Great website, keep up the hard word.

  24. Menjaga hati emnk lebih susah daripada menjaga uang hehehhe

    • Xixixixixixix…….,tu baru menjaga uang,belom lagi kalo menjaga Obama,😆

  25. intinya, marilah kita introspeksi diri masing2….

    salam kenal…

    • betul……,dadi diri kita dahulu tentunya.

  26. hati tempat memilah yang baik dan yang buruk😀

    • So….,jagalah Hati dan jangan kau Nodai.

  27. “Nice Post”
    Hati memang cerminan jiwa yang menjadi Pengedar Kinerja Pikiran yang menciptakan suatu Perasaan.
    “Trims, Kunjungi blogs qw yach diwaktu luang”

    • Segala nya tu dimulai dari hati kita terdahulu, jika hatinya bersih maka yang dikrjakannya pun ikutan bersih. 🙂

  28. hy hy guys, gw nongol balek disini nih… hehehe

    wuis ni judulnya tentang persaan nih… masalah hati… yah pokoknya p[erlu dijaga aja hatinya berhubung besok mo qurban, whehehehe…🙂

    • Met Iedul Adha Brow……., ikutan berQurban gak???😆

  29. jaga Selalu Hatimu..
    kayak lagunya Seventeen..
    hehe..

  30. emg susah ya menjaga hati…tp paling tidak kita selalu berusaha untuk bs menjaga hati ini bro…

    • Selalu berusaha dan selalu semangat juga tentunya……, 🙂

  31. Ketika meminta fatwa dari hati kadang masih menyisakan keraguan mas…
    gimana yah ?

    • Kata Rosululloh, kalao kita Ragu lebih baik kita tinggalkan za.🙂

  32. banyak sekali godaan tuk mengotori hati. teruslah berusaha agar kita terhindar dari penyakit hari

    • Amin……, Semoga kita semua terhindar dari segala penyakit hati.

  33. beraaat.. apalagi jaga mata.. au ah gelap:mrgreen:

    • kalo berat mending dibecakin za Mas,😆

  34. @alam : masa jaga mata gan

  35. seandainya ada hatimeter..

    • Ada yang berminat untuk menjawa pertanyaan ini, dengan sebuah Experiment mungkin……, :mrgreen:

  36. jagalah hati jangan kau nodai….

    • kalo kena Noda jangan lupa bersihkan dengan Rinso Anti noda, oke😀

  37. ayo bro…. update lagi tuch!
    semangaaaaad….😀

  38. Ada yang bilang, kalo hati bersih hidup akan terasa menyenangkan, kebalikannya, hati kotor hidup malah terasa membosankan.🙂

    • yaps….., Betul banget tuh kang, Thanks dah tuk tambahan Ungkapannya,😀

  39. hmm perkara yang paling susah.. menjaga hati..

    • tak ada salahnya dicoba mas, meskipun susah.🙂

  40. jagalah jandamu aja deh..

  41. Perlu perjuangan untuk selalu bisa istiqomah dalam menjaga hati…dengan selalu menyirami hati dengan keimanan…

    • Semoga kita semua senantiasa istiqomah dalam menjaga hati ya kak.

  42. mengenai riwayat yg ini: “Mintalah fatwa kepada hatimu sendiri. Kebaikan adalah apa-apa yang menentramkan jiwa dan hati, sedangkan dosa adalah apa-apa yang mengusik jiwa dan meragukan hati, meskipun orang-orang memberi fatwa yang membenarkanmu.” (H.R Imam Ahmad bin Hambal dan Iman Ad-Darani)

    sy pernah sekilas bc bhw derajatnya tidak shohih, hanya hasan maksimal bhkan sebagian melemahkan. wallahu a’lam.

    Tentunya tidak bisa semata melandaskan kebenaran pd hati semata2 klu menurutku sih…
    :-s

    • kalo ditanya soal kualitas matan ataupun sanad suatu hadist saya emang gak begitu menguasainya mas, karena itulah yang kemaren yang aku dapat disuatu majlis ta’lim. dan aku juga gak tanya ma pak ustadznya mengenai kualitas hadist tu, tapi yang saya tahu Hati tu pasti gak mungkin bohong, karena yang bohong dan selalu menjerumuskan tu adalah nafsu bukanlah hati🙂
      selain tu Wallohu a’lam lah :mrgreen:

      • di dalam Al Quran banyak dikisahkan betapa hati org2 kafir telah terkunci dan tidak bisa menerima kabenaran. Artinya, hati bukanlah Tuhan dan kebenaran. wallahu a’lam

      • Semoga kita semua termasuk orang-orang yang Beriman dan selalu dalam taufiq dan HidayahNYA sehingga kita senantiasa diberi hati yang bersih dan selalu menunjukkan kebenaran dalam RidloNYA.

  43. Jagalah hati jangan kau nodai, jagalah hati lentera hidup ini
    *sambil nyanyi🙂

    • jangankan sambil nyanyi, sambil joget za sah-sah za kok. heheheh…., 😆

  44. jadi inget lagunya opick

    • Lah, Emang terinspirasi dari situ…,hhe 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: