Oleh: hudaesce | 21/02/2011

Preman itu Menolongku

” Segala yang tampak, Belum tentu itu Hakikatnya “

Mungkin itulah sebuah kalimat yang pantas aku ucapkan saat ini. sebuah pelajaran tambahan untuk saya pribadi bahwa jangan pernah melihat suatu apapun dari sisi luarnya za, melainkan juga harus dilihat dari sisi dalamnya (Hatinya).

Sejak kedua mataku terbuka tuk memulai lembaran dihari ini,  aku merasakan hari ini merupakan Sebuah Pagi yang cerah. Namun sayang, kenyatannya yang ada  tidak secerah dengan suasana yang baru aku alami Pagi ini tadi. semua ini bermula ketika saya keasyikan menonton Film kartun favorit saya  ( Avatar : The Legend Of Aang) :oops:  saya jadi lupa kalau pagi ini saya ada kerjaan yang harus saya lakukan.  Karena takutnya ntar terlambat, langsung saja aku pakai motornya dengan sedikit agak ngebut. Tapi sungguh malang sekali diriku, baru setengah perjalanan aku merasakan Ban motor butut saya malah kempes alias Bocor  :cry:  dan lebih membingungkannya lagi disekitar tempat itu tak kujumpai orang yang hanya sekedar lewat, apalagi tukang tambal ban. 😦

Setelah beberapa meter  mendorong motor butut saya, tampak didepanku ada seorang Bapak yang saya tahu dan  oleh warga disekitar situ menyebutnya sebagai Preman sedang nongkrong diatas motornya. dan tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada akupun bertanya kepadanya “Nuwon sewu pak, teng priki seng enten tukang  tambal ban sebelah pundi nggeh ??? “ (Permisi Pak, disekitar sini ada tukang tambal ban disebelah mana ya ??)”.  dengan penuh keramahan si bapak tadi menjawab ” nek kono lo mas, tapi yo lumayan adoh eh nek ko kene” (Disana lo mas,tapi ya lumayan jauh kalau darisini) sambil tangannya menunjuk kearah tempat tukang tambal yang dimaksud.

Aku terdiam  sejenak dan menghela nafas dalam-dalam, sambil bergumam lirih dalam hati “Hufft….,bakalan telat dah kalau begini caranya”

“Mas” …,Ucap bapak yang ada disampingku itu, mengagetkan diriku.

” Begini saja Mas, kayaknya saya perhatikan kok dirimu lagi tergesa-gesa. mending kamu pakai saja motorku ini dulu, biar motormu yang bocor ini saya bawa ke tukang tambalnya disana” kata Bapak itu yang seakan mengerti apa yang sedang aku rasakan saat itu.

Sesaat itu juga aku terhenyak melihat kebaikan bapak yang ada dihadapanku ini. jika dilihat dari profil dan gelar yang ia sandang dari warga disekitar situ sebagai seorang  preman, tapi justru yang aku rasakan saat ini tidak sedikitpun mencerminkan sikapnya yang sebagai seorang preman.

“Terimakasih sekali pak…., “hanya itulah seutas kalimat yang bisa aku ucapkan untuk mewakili perasaan senang dalam hatiku saat  menerima kebaikannya, sambil bergegas menuju tempat kerja ku.

Dalam hatiku juga tidak ada keraguan sedikitpun terhadapnya, karena Motor yang ia pinjamkan kepadaku justru malah lebih bagus daripada motor yang aku miliki. Jadi, secara Logika tidak mungkin ia akan membawa kabur motor saya. 🙂

ini dia Penampakannya...., 🙂

Dan sejak tulisan ini diterbitkan, saya baru saja mengambil motorku di tukang tambal Ban itu tadi. Namun disitu tak lagi kutemukan Bapak yang tadi pagi menolongku. ya sudahlah, karena hari ini banyak hal yang harus aku kerjakan jadi ya aku titipkan sepeda motor beserta kuncinya kepada tukang tambal ban tersebut.

” Tuhan menciptakan manusia ini pada dasarnya sama, Tapi kadang manusia  sendiri yang membuat beda, di mata manusia itu sendiri. Tuhan menilai manusia dari hati, Tapi kebanyakan manusia menilai cuma dari fisik.Tuhan Maha Adil, Tapi manusia yang membuat tidak adil terhadap sesamanya. “


Responses

  1. “preman juga manusia..punya hati punya rasa..jreeng jreng jreeeng..”

    Lho saya malah nyanyi nih, hehe..
    Iya Mas, saya juga beberapa kali punya pengalaman yang sama meskipun contoh kasusnya beda.

    • Mungkin teman2 yang lain juga kayak gitu masbrow, pernah mengalami hal serupa kayak kita. 🙂

  2. Wah.. Preman berhati mulia nih..😀
    Penasaran banget lihat wajahnya.. pasti serem!😆

    Lain kali jangan liat orang dengan sebelah mata ya,, :mrrgreen:

    • kalo wajahnya ya jangan ditanya Brade, ya kayak wajah2 preman yang ada di TV-TV itu.😆

  3. lagi-lagi kita menemui bahwa don’t judge a book by its cover benar2 ada dan harus kita alami terlebih dulu apalagi sehub. dengan kasus serupa mas nya ini..🙂

    • Pelajarn berharga buat saya pastinya brade,🙂

  4. hehe, saya juga sering seprti ini, huhu, syukurlah jika beliau orang yang baik..

    • dan semoga akan menjadi orang baik seperti itu terus ya Bang,🙂

  5. Jadi inget cerita dari grup lawak Bagito show, di acara hitam putih trans7 beberapa hari kemarin,
    mereka cerita tentang di traktir makan sama preman, padahal mereka benar2 gak ada duit, dan sebelumnya jg mereka sedang dipalak sama preman2 itu.

    tp akhirnya malah preman2 itu yg ngasih makan ..hehe
    hati manusia siapa yg tau?

    • Preman yang kejam itu ternyata mempunyai sisi kasihannya juga ya…, 😀

  6. waa..wa..wa… judulnya kreen bgt.. ^___^

    udah kaya dipilm-pilem :D~

    • emang sengaja dibikin kaya gitu biar pada penasaran dan dibaca isinya, hhe 😆

  7. Jadi inget filmnya Shrek, “They judge me before they even know me” pelajaran yang sama juga dari postingannya mas,, thanks:)

    • dan semoga pelajaran buat saya ini memberi Inspirasi untuk yang lainnya agar tidak melihat orang lain dari satu sisi saja. 🙂

  8. makin membuat dewasa saja kisahmu hari ini, Hud.

    • Terimakasih bang….., :mrgreen:

  9. jangan pernah melihat hanya dluarnya saja, tapi lihat lah hati nya yang paling dalam hihihiih

  10. pereman nyahh sopan iia>> hahahahahaha

  11. Kisah tersebut juga identik dengan kisah yang selalu mengiringi saya ketika saya berada disekitar mavia perampok bank….
    Setuju banget kang….atas pesan terakhirnya…

    • kenapa gak dijadikan postingan juga bang, biar memberi inspirasi tuk sahabat yang lainnya.

      • masih dalam bentuk draf kang…

  12. wah wah hebat😀 lalu gelar preman itu drmana kalao ternyata baik gitu xixi

    • ya dari masyarakat dan penduduk disekitar situ kang, mungkin kebetulan pas ketemu aku dengan tampang yang sangat mengenaskan kali kang dia terus menjadi baik dan luluh hatinya. 😆

  13. selamat pagi…
    salam untuk preman yg baik hati itu ya bro…hehehe

    • berani gak ya say nyampaikannya ??:mrgreen:

  14. ckckck…mungkin itu si bapak yg jadi preman tuh udah mulai nyadar kali ye…xixixi

  15. Wow subhanallah baik banget itu Bapak. Bener2 saling percaya ya, mas hudaesce juga gak buruk sangka ma si Bapak meski pas saya baca ini, ya berprasangka emang gak takut di bawa kabur motornya ma tuh Bapak. Tapi gak kejadian ya…hebat moga2 banyak orang amanah dan baik seperti Bapak “preman” dan mas hudaesce ini, amin…

  16. Waaa….. itu preman berhati muliaaa😀😀😀

  17. wah…preman yang baik hati….:)

  18. don’t judge the book form its cover🙂
    lagi-lagi pepatah itu berhasil dipatahkan di kasus ini ya Huda!

    • betul sekali Bunda,🙂

  19. waw super sekali bapaknya mas.🙂
    mau menolong sesama
    padahal udah di cap preman
    wah ini sebelah rumahku isinya preman semua mas
    kalau lagi ada patroli pada kabur ke rumahku juga
    sial bener

    • wah….,berarti rumah mas jadi tempat persembunyian para bapak2 preman yang mau lari dari razia ya ?? hhe 🙂

  20. itu merupakan pelajaran untuk kita semua mas … penampilan tida 100% mencerminkan sikap orangnya … masih banyak preman yang berjas dan berdasi.

    • lah…,itu mah malah yang paling menyebalkan. berpakaian rapi tapi hatinya lebih jahat daripada seorang preman. 😦

  21. wah jadi ingat kejadian dulu, saya suka pake celana sobek badan bertato, dikira preman ehhh saya kan orang baik … heeee.

    • lah…,ni juga contohnya,🙂

  22. mengharukan
    terkadang ada satu sisi baik dari manusia
    meski ia seorang preman sekalipun
    salam sukses..

    sedj

    • dan tidak semua orang yang berpakaian rapi dan berdasi itu juga baik ya Kang,🙂

  23. Hmm… mungkin akau mesti memperbaiki cara pandang terhadap orang lain ya… karena bila hal itu terjadi padaku, mungkin saja aku lebih memilih terlambat dari pada bertukar sepeda motor, hehe…

    • saya itu orangnya anti telat kak, makanya sedikit nekat kayak gitu.🙂

  24. preman juga manusia,, heheheh

    salam 🙂

    • ya iyalah, masak gitar. hhe 😆

  25. yakin tuh mas, motor bapaknya di titipin aja di tempat tambal ban?

    • ya yakin to, wong bapak tukang tambalnya juga orang situ kok. jadi aku yakin 100% bakalan aman.🙂

  26. DiDo’ain aja mas huda Smoga diberi putunjuk(huda) hehhe, Kan udah punya dasar kebaikan.

    • Amin….,Terimakasih tuk Harapan dan do’anya,

  27. Kayaknya nama baik si Bapak harus dibersihkan tuh🙂

    • hu’um…,tul sekali,

  28. pre man.. predikat keberanian dan kebaikan dari tetangga sebenarnya kali Huda,,
    cuma informasinya kurang lengkap..

    • Bukan tetangga mbak, cuman saya kerap kali mondar-mandir didaerah itu dan punya teman disitu, jadi ya saya lumayan paham orang2 yang ada disekitar daerah itu. 🙂

  29. Artinya anda orang yang beruntung …

  30. wah.. pengalaman yang berharga sekali mas.. kata tukul, don’t judge the book from its cover.. sip sip…

  31. terharu rasanya..
    setelah melihat preman yang baik hati tersebut,, saya jadi bisa merasakan, betapa tulusnya hati preman tersebut..
    tapi kebanyakan preman yang terlihat disini adalah sisi negatifnya..😀

    btw,, mas mau pesen kaos blogger indonesia ndak? sekalian bisa untuk promosi offline.. hehe😀.. cek blogku ya.. postingnya disini

    • Menuju TKP !!!!!!!!

  32. alhamdulillah msih ada orang yg baik🙂

  33. wah ini preman yang patut dicontoh brade.. enggak seperti di warnet saya tuh.. ada orang malah berlagak preman, jadinya ya gitu deh blogger Vs preman live hehehe

    • hihihihihi……, 😆

  34. Berkunjung di pagi hari yang penuh semangat….
    Ditunggu postingan selanjutnya sob….

  35. waaahhhh mulia bgt bapak itu sob,,,,,,,, jarang bgt ktm ma orang kayak gt……

    salam persahabatan dr MENONE

  36. wah, beruntungnya dikau… Tuhan membrikan rahmat buat keduanya… satunya ditolong, satunya dapat pahala

  37. 🙂
    dalamnya hati siapa yang tahu,saya pernah melihat anak punk asli nyeremin setelah ngamen ,ke masjid langsug wudhu dan pake sarung ..
    #silaturahim siang,lama tak main

    • ih…,salut banget deh ma anak punk yang moelnya kayak gituan.🙂

  38. Yah memang yang berhak menilai hati hanya di Allah selebihnya manusia hanya mampu melihat yang nyata saja

    • yups…,Satuju !! 🙂

  39. blue suka berbincang sama preman di daerahku
    salam hangat dari blue

    • Wah…,salut deh ma bang blue,

  40. wah nggak semua preman itu jahat dan nggak semua ilmuwan itu cerdas dan baik, terkdang org menilai cuma bungkusny doang

    • paahal yang ter[penting kan isinya ya bang, bukan bungkusnya

  41. Percayalah, bahwa itu semua merupakan balasan atas budi baik yang anda berikan pada orang lain pula …

    Salam

    • Semoga saja demikian Pak, 🙂

  42. Komenku kok ra enek to bang…??😦 woh… ng endi ki….??

  43. wah kayak yang di pilm aja nih ceritanya hehehehehe mantep dah

  44. Sepertinya sudah waktunya pensiun th jadi preman. Ya preman juga manusia, setiap manusia pasti punya hati nurani..

    • Dan Alhamdulilah…,pas ketemu saya nuraninya menjadi baik. 🙂

  45. wahhh…keren…
    baek banget yakk pak premannya….

  46. preman di tempat saya adalah orang yang kerjanya nongkrong di pasar dan memiliki banyak teman maupun relasi serta merupakan panutan dalam hal mode.

  47. Mungkin sang Preman itu sudah insaf dan mejadi preman yang baik hati, tidak sombang dan suka menolong.😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • Semoga za demikian Pak, 🙂

  48. Salam jumpa kembali sobat Alhamdulillah sekarang dah bisa posting dan insay Allah bisa blogwalking juga semoga demikian kedepannya

    • Alhamdulilah…,
      Semangat Brade !!!!!!!!!

  49. artinya, sebelum memulai interaksi dengan orang lain dan siapa saja: nol kan terlebih dahulu pikiran kita dari anggapan orang-orang tentangnya. Biarlah penilaian kita sendiri yang melekat padanya setelah kita sendiri yang berinteraksi dengannya.

    • Hu’um Mas, betul banget tuh. Setuju !!!!

  50. don’t judge a book by its cover..🙂
    preman pun mempunyai hati kan, mas?..
    hehe

  51. Kebaikanmulah yang membuat kebaikan pun datang padamu sobat

    Maaf baru nongol lagi sobat
    Baru update dan BW lagi nih daku
    Salam persohiblogan🙂

    • Semoga hal itu membuat saya semakin baik lagi kedepannya Kang,

  52. toss dulu huda
    suka nonton Ang😀

    • Yesss…,punya temen,🙂

  53. memang benar kalau permukaan belum tentu mencerminkan dalamannya

    semoga bapak tersebut diberikan pahala yang setimpal

    Amin

  54. terkadang kita terlalu gampang mencap orang lain, dan menyamakan pendapat kita dengan masyarakat umum. Padahal itu kadang menjerumuskan.

    EM

    • So, jangan terlalu mudah menilai orang lain ya…, 🙂

  55. intinya janganlah mudah menilai orang…dont judge the book from the cover gitu katanya hehehe

  56. Aku juga da… walau tampan begini tapi aslinya baik hati koq…

  57. Reblogged this on venge6661.


Tinggalkan Balasan

Kategori

