Oleh: hudaesce | 18/01/2011

Pesta Siaga 2011

Pesta Siaga adalah Suatu pertemuan untuk golongan anggota gerakan pramuka Siaga (Usia 7-10 tahun)  yang biasanya  berisi kegiatan-kegiatan  semacam Permainan bersama, pentas seni budaya, dan beberapa kegiatan lainnya tentang kepramukaan.

Kegiatan semacam itulah yang  pada hari minggu tanggal 16 Januari 2011 kemaren baru saja saya laksanakan sebagai Pembina pendamping Pramuka dari adik-adik siaga  Pangkalan MI Tarbiyatus Syubban yang pada kegiatan ini mengirimkan 2 perwakilannya yang terdiri dari 1 Barung putra dan 1 barung putri.

Barung Abu-abu Putri

Barung Hijau putra

Kegiatan pesta siaga ini diikuti oleh 42 barung (satuan terkecil Pramuka siaga) yang terdiri dari 23 Barung putri dan 19 Barung putra, yang merupakan perwakilan dari 34 SD & MI se Kecamatan Jakenan. Pesta Siaga ini dimulai dari pukul 07.30 WIB yang  diawali dengan upacara pembukaan yang  dipimpin langsung oleh ka.Kwaran Kecamatan Jakenan.

Upacara Pembukaan

Pada Kegiatan pesta siaga yang diadakan kemarin, Ada sekitar 12 Warung (tempat pelombaan) yang harus diikuti oleh masing-masing Barung, yang terdiri mulai dari warung  ketaqwaan, kepribadian, yel-yel, keterampilan, pentas budaya, Bhakti sosial dll.

Pada season pertama, tepat setelah Upacara pembukaan. Adik-adik saya lebih memilih ke Warung pentas seni budaya, yang dimana pada warung ini adik-adik saya menunjukkan keterampilannya dalam Menari yang diiringi oleh salah satu lagu daerah.

Setelah selesai beraksi di warung ini, adik-adik ku pun tanpa dikomando  (jiah…,bahasanya  :lol:  )mereka langsung za meluncur ke warung-warung berikutnya, salah satunya warung ini nih.

Warung Bakti Sosial

dan Inilah aksi adik-adik saya dalam warung ketangkasan (Permainan Crazy Ball)

Permainan Crazy Ball

Warung keterampilan Baris-berbaris

Ikutan nampang ah.., 🙂

Jika Adik-adik sibuk di kegiatan, maka akupun sibuk makan cemilan.hhe😀

dan tepat sekitar pukul 11.45 WIB, kegiatan inipun selesai. sambil menunggu dari pihak panitia pelaksana me Rekap Nilai hasil perlombaan ini. maka, adik-adik pun saya ajak tuk makan siang dengan menu seadanya yang telah disiapkan sebelumnya dari pihak sekolah.

dan inilah wujud dari  trophy yang diperebutkan pada Pesta Siaga tahun ini,

Akhirnya, saat-saat yang ditunggu tiba juga.  yaitu pengumuman pemenang dalam acara perlombaan Pesta siaga ini, namun sayangnya pada kesempatan kali ini adik-adik saya tidak ada satupun yang keluar menjadi pemenang.  Namun, tak apalah bagi saya yang terpenting dalam kegiatan ini adik-adik saya mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga. yang berupa keterampilan, ketangkasan,dll.

Bagi saya kegiatan kemarin sangat bermanfaat dan memberikan pelajaran baru yang berharga bagi adik-adik saya, karena pada dasarnya kegiatan kemarin itu merupakan suatu proses pembelajaran di luar  sekolah dan keluarga dalam suatu bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, terarah, teratur, menantang dan tentunya juga  mengandung unsur  pendidikan yang dilakukan ditempat terbuka dengan  menggunakan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan dengan sasaran akhir pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

 

** Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada Abang ku Alamendah, yang telah berkenan memberikan sebagian koleksi fotonya pada kegiatan kemarin.😀


Responses

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    amankan pertamax sambil nunggu fotonya loading semua.
    Padahal semua fotonya ada dikompi saya, hehehehe….

    • Monggo Silahkan……,
      Jangan keras-keras…., 🙂

  2. wah seru neh, dah lama ga liat kepramukaan, kalo ke bumi prkemahan belum lama tp bukan tuk kepramukaan, nyari ikat pinggang brwarna

    Salut buat yg punya warung mas Huda, bisa sabar n hapy ngurus bocah2 yah…

    • yaps….,berlatih dengan adik2 siaga tu jauh lebih asik dan menyenangkan daripada anak penegak SMA. 😆

  3. salam pramukaa…..
    dulu sering banget bolos ekstra pramuka… hihihih

    • Salam,

      jiah, ngaku juga ternyata. hhe…, 😆

  4. seru ya acaranya,, jadi kangen sekolah,,,😥

  5. Saya malah belum pernah ikut acara kepramukaan kek gini…
    Seru banget ya, pesertanya pada cerah ceria semua😀
    Sekalian mau ngasih tau, bila Sahabat punya pengalaman seru yang berkaitan dengan masalah kesehatan, silakan ikuti Kontes Aku Ingin Sehat, hanya di Try2bcoolnsmart.

    • Iya kak, yang pasti pada kegiatan kemarin itu, sangat terasa menyenangkan bagi adik-adik saya, 🙂

  6. pengen jadi adik-adiknya mas Huda😳

    • Hem….,gak papa kok kalo mau, sini ikut latihan ma adik2 yang lain. 😆

  7. wah-wah…jadi ingat jaman dulu waktu SMA…kebetulan saya juga Ikut jadi penyelenggaranya…

    • Wah…,ternyata ada kakak DKA nya disini yach 🙂

  8. Assalaamu’alaikum HudaSC (baru senang mengeja nama ini, kalau tidak, pusing juga mahu menulis nama ini)😀

    Sungguh hebat sekali acara yang dilakukan oleh pramuka siaga di atas ya. keseronokan terbayang diraut wajah mereka termasuk HudaSC. pemimpin harus ceria dan malah lebih ceria lagi agar pramuka siaganya semakin mantap dan bersemangat.

    Foto2nya (dari Kang Alamendah) semua keren2 dech. saya suka sekali meliat aksi yang ditampilkan melalui foto2 di atas. seakan bersama di sana menyaksikan kehebatan peserta siaga ini. Salut dan trims ya sudah menyampaikan sesuatu yang bagus dari sana.

    Salam sukses dan salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

    • Wa’alaikumussalam Bunda….,
      Terimakasih Bunda, kegiatan kemarin memang sangat memberi kesan dan kebahagiaan tersendiri diantara adik2 siaga saya. meskipun tak juara namun rasa ceria yang terpancar dari raut wajah anak2 sangatlah jelas terlihat. 🙂

  9. kegiatan yg sangat bermanfaat dlm pramuka ini, mampu utk membuat anak2 menjadi diri sendiri dan berbagi dgn sesama krn kekompakan ya Huda
    jadi, ingat masa2 ikut pramukan sewaktu SD dulu………
    foto2nya keren2 ,Huda
    salam

    • yaps…,betul sekali itu Bunda. dan disitulah sebenarnya manfaat yang diperoleh dari adik2 saya kemaren. 🙂

  10. Jadi inget jaman sekolah…..pramuka….persami…….he he he he he

    • Pramuka emang meninggalkan banyak kesan dari para pelakunya yach. 🙂

  11. Kalau tidak salah akhir2 tahun kemarin ya sob namanya Pramuka di galakan lagi padahal sewaktu saya dulu SD rame banget dan sebuah kebanggan bisa masuk Pramuka apakagi kalo ada acara Persami atau Jambore dan setelah era kepemimpinan Soeharto sepertinya menghilang ini kegiatan dan sekarang mulai menggeliat lagi semoga sampai selamanya.

    Salam Pramuka

    • ya…,itulah efek dari perkembangan zaman yang kian maju dan serba digital bang, menyandang nama pramuka kian tidak menjadi sebuah kebanggan. berbeda dengan zaman dulu, ketika kita menyandang nama pramuka adalah sesuatu yang istimewa karena kita merasa kita lah yang mewarisi jiwa2 pahlawan terdahulu.

  12. yang penting kaka nya bisa nampang wkwkw..mantaps😀

    • yaps….,Hu’um kang, 😳

  13. jadi ingat jaman sekolah dulu he he…

    • Flashback ke masa silam nih 🙂

  14. Bekunjung🙂

    maaf baru sempat mampir

    • Gak papa, silahkan…..,🙂

  15. ohhh.. ini kakak pembinanya ya??

  16. salam pramuka
    saya lagi info apakah siaga memang tidak boleh ada perkemahan yang menginap ya
    salam dari kalimantan tengah

    • Yups, Perkemahan untuk siaga emang hanya satu hari tanpa bermalam. Bukankah begitu, Pak?.

      • @Budisastro : pertanyaan nya udah keburu dijawab ma bang alamendah Om🙂
        @Bang alam: he’em,😆

  17. senang ya para adek2 pramuka siaganya….

    • yaps…..,hu’um banget tuh, 🙂

  18. aduh mas kalau di sekolahku, kalau masuk ekstra pramuka sering diejek ” anak bauk kelapa muda ” . kan pramuka ada lambang kayak kelapa gitu, nah terus gimana tu mas?

    Kalau yang seneng sama pramuka kan juga jadi sebel. ya gak mas?

    • maklum cahya, zaman yang semakin maju seperti saat ini emang menganggap pramuka itu adalah hal yang katrok, wajar ajalah semakin maju peradaban manusia kan rasa nasionalisme akan sosok pahlawan kita semakin hilang, padahal pramuka itu kan kurang lebihnya adalah seorang sosok yang meneladani jiwa pahlawan yang terdahulu,🙂

  19. lucu2 ya para adik2 yang lagi pramuka.🙂

  20. wah seru ya.. kemarin saya juga sempet mendampingi anak-anak pas kegiatan semacam ini. Salam Pramuka!!!🙂

    • Salam …,

      wah…,saya malah baru za kemarin ma kang alam. 🙂

  21. Pasti seru dengan acaranya, jadi ingat saat senang jadi pengalang. Tiap minggu pasti berlatih tali temali (simpul) tapi sayang sekarang banyak yang lupa.😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • wah…,ternyata pak sugeng semasa mudanya seorang pramuka juga yach, gak nyangka,🙂

  22. iihh..jadi teringat waktu SD,aku aktif di pramuka ampe jadi ketua regu pula,seneng banget kalo camping,persami..api unggun..masak2an..belajar simpul2..pokoknya seneng banget apalagi kalo mencari jejak,..

    • Saya za sampe sekarang masih suka yang kayk begituan mbak,🙂

  23. Lama tak ngeblog nih saya😀

    Keren dik
    Pramuka
    Ayo majukan negeri tercinta

    • Siap laksanakan Kang !!!!

  24. inget waktu masik smp dulu…

    • Pramuka emang meninggalkan berjuta kisah pak, 😆

  25. Kegiatan yang menarik, semoga tunas-tunas bangsa di sana terlatih untuk tidak korup kaya yang terjadi sekarang ini ya🙂

  26. kegiatan yang sangat bagus dan positif buat anak2, teruskan ya Kak🙂

    • Siap Laksanakan Mbak…,

  27. ingat jaman dulu…….

    • tapi tidak zaman penjajhan kan ?? 😆

  28. saya suka anak2.. tapi saya amat sangat tidak suka pramuka..:mrgreen:

    • kalo saya suka ma kedua2 nya mbak, 🙂

  29. wah ternyata mas ini pelatih pramuka ya?
    teringat masa dulu kala pernah ikut acara ini jg

    • Hu’um, bener banget bang. 🙂
      wah…,berarti kalo di era nya bang ibnu udah lama sekali dong.

  30. Tepuk pramuka prok..prok..prok.. oh ya pendiri pramuka siapa ya??

    • Beliau itu adalah Robert stepenson smith alias Boden powel 🙂

  31. harusnya negara ini memiliki lebih banyak kegiatan positif bagi kaum mudanya, tdk hanya program pramuka, tapi juga di bidang lain, seperti olahraga🙂

    *jangan lupa pemerintah menyediakan infrastrukturnya:mrgreen:

    • namun semoga bukan hanya program za bang, melainkan ada realisasinya juga 🙂

  32. Tepuk pramuka.. (prokprok..prokkprookkk..)
    huwaaa..lucuuu fotonyaa, jadi ingett dulu masa-masa pramuka waktu sd, serruuu.
    salam pramukaa🙂
    keep blogger yah

    • Salam….,

      sejak dulu kan Pramuka emang seru, 😆

  33. jadi inget jaman sd-smp

    salam

  34. wew… jadi ingat masa SD, saya pernah jadi ketua regu dan ingat betul nama regunya, regu kelelawar…😀

    • Nama regu nya menakutkan, hhe🙂

  35. menang adalah keberhasilan yg harus di galih ,,
    semangat om dan teruslah memberikan yg terbaik untuk mereka..

    • Yaps….,Pasti itu,

  36. Dulu juga ada pesta siaga di kota saya..Tapi ditidiakan karena siaga d larang ortunya ikut kemah.. Kunjungan balik mas,, salam pramuka😀

    • Salam….,

      Ooow…,begitu ya mas.

  37. wah foto2nya mengingatkan jaman dulu… jd pingin ikut pramuka lage..

    • ayo…,kalo mau ikut, sekalian za ntar gabung ma adx2 saya. 😆

  38. salam pramuka
    jadi teringat waktu masa smp yang dulu jadi wakil OSIS

    • Aktif di pramuka juga dong tentunya, 🙂

  39. wew.. inget pramuka inget waktu SMA dulu..
    apa kabar ya adik-adikku sekarang,,😆

    Salam Pramuka!

    • Salam….,

      kalau pengen tahu ya dikunjungi to kang, 🙂

  40. numpang isi komen .. moga aja masih muat

    • Monggo silahkan..,🙂

  41. belajar disiplin sejak dini …

    • begitulah kira2 kesimpulannya 🙂

  42. Mantap pesta siaga😀
    jadi inget waktu SD :p

  43. Terbukti kegiatan seperti ini membentuk kreatifitas anak dan sangat berguna untuk masa depannya

    • Setuju sekali Mas,
      karena darisitulah karakter anak akan mulai terbentuk nantinya. 🙂

  44. “Seru sekali… sepertinya!
    adik2x pada berani……. hebat😀
    pramuka memang memberikan banyak hal dalam kehidupan.. Tapi kita harus menjadi cikal bakal yang baik demi generasi yang baik,, dan menumbuhkan cikal bakal dikalangan siaga

    • Semoga dengan cikal bakal yang baik maka akan menjadikan Indonesia semakin baik juga tentunya.🙂

  45. Keren… Salam buat teman-teman di sana mas..🙂

  46. . congrat yah mas , semoga makin sukses ja …🙂

  47. wah, jadi nostalgia masa kecil…

    saya ga pernah ga suka sama kegiatan pramuka. cuma sayangnya pas saya beranjak SMP, organisasi Pramuka di SMP kurang begitu bagus.

    jangan khawatir Mas Huda. ini pasti sangat bermanfaat buat mereka🙂

    • Amin….,Semoga ya mbak. 🙂

  48. ternyata mas Huda nih kakak pembina pramuka ya…salam pramuka !!😀

  49. Pestanya mantab sob!
    jadi inget jaman dulu waktu ikutan pramuka di sd :p hehehe….

    • bukan hanya mantaps….,
      Tapi, sangat mantaps……., 🙂

  50. wah kak huda keren..
    saya jadi ingat masa masa MI dulu, pesta siaga lomba tali temali
    sekarang lupaaa semuaaa😆

    • Wah….,karena kamu lupa, sini tak kasih sanksi push up. 😆

  51. Lihat anak-anak kecil… aku jadi………..😆

  52. pengin jadi seperti anak kecil lagi…sepertinya lincah kesana kemari..main apa saja seperti tidak ada beban kehidupan…

    • Hu’um kang, betul sekali.
      terkadang saya juga berpikiran kayak gitu🙂

  53. Bener mas, menang kalah yang penting pengalamannya…

    • Semoga adek-adek saya juga berperihal sama semacam itu kang 🙂

  54. kakak siaga nih..

  55. ahhhaha, ingat masa muda saya, ckckkc.
    salam kenal, maen2 ke blog butut saya.

    Chalief

    • OK…,langsung menuju TKP dah. 🙂

  56. sobat huda masih aktip jadi pramuka yach?…😀
    bakalan jadi tentara donk!

    • Emangnya kalao masuk pramuka terus jadi tentara ya kang??? 😦

  57. jadi inget waktu SD dulu …..

    • asik atau gak waktu di SD dulu kang ???

  58. wah ternyata si mas, pembina pramuka ya.. hebaat.. pasti banyak fans nya mas haha

    salam kenal

    • ah si akang ni mah aya’-aya’ wae deh, 😳

  59. mengingatkan masa masa jadi siaga 25 tahun lalu, sungguh tak terlupakan, sayang pramuka sekarang tak semeriah dulu

    • betul banget mas, bahkan anak sekarang malahan gengsi disebut sebagai anak pramuka. 😦

  60. siiippppppp
    apa lagi nih

    • Hem…,apaan ya ???

  61. weh masih pesta siaga mas huda…?😀

    • udah selesai kang😆

  62. andaikan kita bisa terlahir kembali🙂
    dan boleh milih saya mau jadi artis saja wkwkwk

  63. salam pramuka ..
    🙂

  64. ooo.. pantes kemaren ngeliat ada anak SD pake baju pramuka!!!
    sempet mbatin, ni kenapa koq hari selasa pake baju pramuka, mungkin karena pesta siaga juga kali ya!

  65. Saya ikut pesta siaga

  66. wah teryta enk juga ngajar pramuka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: