Oleh: hudaesce | 11/01/2011

Manfaat meditasi untuk Kesehatan

Source : bonkcrexs.web.id

 

Meditasi Sangat Bermanfaat bagi mereka yang menginginkan proses kesembuhan dengan cepat. Begitulah kira-kira yang aku kutip dari apa yang disampaikan oleh DR.Dr. Delmonthe (R.S Irlandia) yang telah melakukan penelitian selama 20 tahun terhadap pasienΒ  penderita penyakit jantung, kanker, diabetes dll. Bahwasanyapasien kategori berat tersebut ketika diajak bermeditasi akan mengalami proses kesembuhan dengan sangat cepat.” karena dengan meditasi tersebut, mereka akan memperoleh homeostatis (keseimbangan) metabolisme.

Kecenderungan back to nature (kembali ke alam) saat ini, menyebut meditasi merupakan suatu pengobatan berbagai penyakit berat maupn ringan.

Berbagai orang melakukan tata cara meditasi, ada juga yang melakukannya sesuai dengan tuntunan kepercayaannya masing-masing. seperti pemeluk Agama Budha yang melakukan meditasi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Demikian juga dengan Islam yang melakukan meditasi sambil Berdzikir (tafakur) dengan berulang-ulang menyebut Asma ALLOH SWT, yang merupakan rangkaian ibadah Sakral namun juga berkhasiat mendapatkan kesehatan Lahir dan batin.

Dari beberapa kenyataan tersebut, maka kini meditasi atau tafakur dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai terapi pengobatan alternatif.

Dengan melakukan meditasi,ketenangan batin dan pikiran mudah diperoleh. kelenjar Hipofisis atau kelenjar otak akan memproduksi berbagai zat yang dibutuhkan tubuh. Zat-zat inilah yang membuat seseorang menjadi tenang dan seluruh kelenjar dalam tubuh pun akan ikut berpengaruh untuk melakukan tugasnya masing-masing.

Dalam islam, kebiasaan tafakur dzikir dengan menyebut Asma ALLOH SWT Misalnya Subhanalloh Walhamdulillahi walailahaillallohu Wallohu akbar (Tasbih) bila dihayati dengan sungguh-sungguh merupakan suatu dimensi tersendiri yang bahwasanya manusia berikhtiyar dalam pengobatan, tetapi ALLOH SWT lah yang menyembuhkannya. Setelah melakukan tafakur Dzikir, hati menjadi tenang dan yakin bahwa Do’a-do’a yang dipanjatkan akan diterima oleh ALLOH SWT.

Jadi jelas, bahwa olah pernafasan dan meditasi merupakan upaya untuk sehat lahir dan batin. menuju hidup sukses dan bahagia secara mudah dan alami.

Referensi : Harian Suara Merdeka


Responses

  1. Koq mirip orang bertapa yah ?

    • Bertapa dengan meditasi emang gak beda2 jauh bang…, :mrgreen:

  2. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Meditasi, bertapa, tafakur dengan satu tujuan menentramkan hati.

    • Monggo, Silahkan……..,

      He’em, kalo Hati udah tenang. apalah arti kesedihan dan kesusahan yang menimpa kita.πŸ™‚

  3. Ya, itu merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri kita baik secara fisik maupun psikis sehingga hasilnya pun berdampak positif. Harapannya adalah terciptanya relaksasi dan harmonisasi dalam hidup yang kija jalani.

    Thanks, postingannya mas..

    • Yaps….,sama-sama Brow. πŸ™‚

  4. kalo buat ngilangin pikiran jenuh juga bisa kan kang soalnya saya biasanya suntuk banget setelah ngadepin aktifitas sehari hari

    • Bukan hanya bisa, tapi sangat bisa…, πŸ™‚
      dan meditasi itulah yang sering kali aku lakukan juga tuk menyetabilkan emosi dan kejenuhan yang kadang kala ada dan menimpaku.

  5. ikut menyimakπŸ™‚

    • kenapa gak ikutan komentar juga ??? 😦

  6. Meditasi itu kalau jaman dulu kayak bertapa ya Mas…πŸ˜€

    • Ya pak, kurang lebihnya semacam itu. cuman niatnya za mungkin yang gak beda …, πŸ™‚

  7. Meditasi standarnya berapa jam ya, untuk bisa memperoleh khasiatnya?

    • yang penting tu bukan lamanya bang, melainkan kwalitasnya lah yang terpenting. meskipun itu sebentar namun kita bisa konsentrasi dan memusatkan pikiran itu lebih baik daripada lama namun gak bisa fokus…., πŸ™‚

  8. ilmu ini.. meditasi.. bisa membuat orang Islam menjadi Islam yang tenang, umat Kristiani menjadi Kristiani yang sabar, umat Hindu menjadi Hindu yang berpikir jernih, dan umat Buddha menjadi Buddha yang lurus…

    • Yaps….,he’em Brow, πŸ™‚

  9. waw bener itu bang, aku juga ngerasain gitu, kalau lagi ibadah terus dihayati kayaknya jadi mrinding gitu kan? hehe

    • Ibadah dengan khusyu’ pun akan terasa lebih seperti meditasi juga kok Cahya, karena itu membuat pikiran kita lebih fokus dan tenang.πŸ˜€

  10. selamat pagi…!
    pagi yang cerah untuk berkunjung ketempat sahabat.
    Semoga hari ini lebih menyenangkan dari hari kemarin…

    • Thanks tuk kunjungannya brow…, πŸ™‚

  11. yup
    ini cara yang baik juga
    indah bila bisa dipraktekanπŸ™‚

    • He’em bang….,
      kalao kata orang mah, murah meriah gitu, πŸ˜†

      • betul dik
        saya kadang melakukannyaπŸ™‚

      • Saya malah sering kali Bang, jika ada waktu kosong. πŸ™‚

  12. Dengan dzikir, hati dan pikiran akan tenang, dengan olahraga badan sehat pikiran sehat , kalo lihat gambarnya sama aja kali ya sseperti sedang melakukan dzikir

    • dan meditasi pun kerap kali digunakan sebagai sarana dzikir dan tafakur kepada sang kholiq Mbak,πŸ™‚

  13. jaman dulu dibilangnya bertapa karena belum punya kosa kata tentang meditasi dan sekarang meditasi lebih dierpaiki supaya tidak berkesan terlalu spiritual begicu hehehe… sok tau ya.

    Salam

    • Mungkin bisa jadi kayak gitu juga brow, hhe πŸ™‚

  14. Meditasi yang paling indah adalah kembali pada keyakinannya masing2.
    Seperti yang Mas Huda contohkan, dzikir. Itu adalah meditasi mantab yang sangat menyembuhkan..

    • He’em mas, dan keyakinan yang tercipta saat melakukan meditasi menurut Syaikh Inyat khan “ALLOH akan memberikan kesembuhannya”

  15. Pengen sih sekali2 nyoba meditasi.
    Tapi…tak ada tempat yang pas.
    Lagian banyak gangguan, yang ada gak bakalan konsenπŸ˜€

    • Mungkin ketika malam hari adalah sat yang paling tenang Brow,.. πŸ™‚

  16. Dzikir memang bermanfaat sekali mas.. Hati sehat.. jiwa sehat.. Ademm rasanya…πŸ™‚

    • Mungkin bermula dari kesehatan itulah kesehatan jasmani dimulai kang, dan kesembuhan pun berjalan dengan sangat cepat. πŸ™‚

  17. Berawal dari meditasi seorang berkepribadian Al-Amin, Mukjizat yang paling mencerahkan dan bahkan baik dijadikan pedoman entah itu beragama Islam maupun yang lainnya turun….
    “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan”, salah satu ayat yang mengawali segalanya dalam menuntun seluruh manusia menjadi makhluk rahmatan lil’alamien…
    Dari metadatanya, 68% lebih komentator menyetujui bahwa meditasi sangat bermanfaat bagi kesehatan…
    Ya udah, tar setelah saya kembali dari Amsterdam, kita adakan konferensi pers terus kita nyatakan bersama bahwa meditasi dengan kesehatan sudah pasti ada hubungannya terlihat dari IP addres keduanya yang identik sehingga kita akan mengetahui siapa yang pertamakali menghubungkan keduanya……
    wkwwkwk….kaya siapaaa gitu…
    Salam Kenal…

    • Salam kenal juga Brow.., πŸ™‚

  18. betul!
    tp saya lupa kapan ya terakhir kali ber-meditasi??? hem,,,

    btw, saya agak risih mas ama tullisan “Alloh”, sebaiknya pakai “Allah” aja deh,,πŸ˜€

    • Dicoba lagi dong kang meditasi nya, πŸ™‚

      He’em bang, Thanks tuk sarannya. ntar ditulisan2 berikutnya diubah za deh pemakaian kata tersebut. πŸ˜€

  19. Mungkin karena dengan meditasi, pkiran jadi tenang dan ga ada beban ya?

    • So, proses dalam kesembuhan pun akan menjadi lebih cepat. πŸ™‚

  20. Zikir, ibadah yang penuh manfaatπŸ™‚

    • Yaps…..,Betul dan setuju sekali kak. πŸ˜€

  21. kalo shalat malam, masuk kategori mediasi ga yaa??
    soalnya yg ini sudah saya lihat langsung keampuhannya untuk penderita darah tinggi..

    • Kalo setelah sholat kita berdzikir/ber tafakkur dengan penuh kekhusyuk’an saya yakin itu juga termasuk meditasi juga kok mbak, πŸ™‚

  22. mantaaabb….
    akan saya coba….:mrgreen:

    *contoh korban yg banyak masalah*

    • hE’EM, harus dong….,
      siapa tahu ntar segala bebanmu tu jadi terasa ringan Din:mrgreen:
      **emang kuli panggul.., :p

  23. bagus artikelnya bro

    • Thanks brow.., πŸ™‚

      • saja sejak 2003 mulai meditasi dan hasilnya memang bagus sekali bro huda

  24. sampai sekarang saya berusaha lebih perlahan dalam setiap aktivitas saya..

    sholat merupakan suatu meditasi yang luar biasa juga..

    salam kenal.

    cheers

    • Salam kenal juga Kawan…….,

      He’em, Sholatpun jika dilakukan dengan khusyu’ pastinya tak labih dari seperti meditasi juga..πŸ™‚

  25. Met pagi sobat..
    moga hari ini menyenangkan..

    Waah,lama ga ketemu ternyata abis meditasi ya..
    setuju sekali,menenangkan diri hanya untuk mendapatkan ketenangan batin,hmm adem rasanya..

    Tapi meditasi kesannya kaya berbau mistik gitu,takut..!!

    • Thanks Kawan……,

      Gambaran semacam itulah yang seharusnya kita tinggalkan, padahal sebenernya meditasi tu bukanlah hal2 yang berbau gituan kok. πŸ™‚

  26. tapi meditasi kalau ditinjau dari ajaran agama bagaimana ya?

    • Pada dasarnya meditasi tu tergantung sama niat kita melakukannya brow, jika kita melakukannya semata untuk kesehatan dan berolahraga kenapa harus dipermasalahkan ???

      padahal diluar sana, sebut saja orang barat. tidak ada yang menganggap meditasi itu berhubungan dengan hal2 yang berbau agama apalagi mistis. Bahkan di amerika saat ini menganggap meditasi itu adalah suatu olahraga yang mengasah otak dan mengarahkan pikiran menuju ke hal2 yang positif. dan suatu alternatif baru dalam proses pengobatan…., πŸ™‚

  27. contohnya bertapa di dalam gua kali yaa mas hudaπŸ˜€ siapa tahu dapat wangsit wakakka

    • yeee………,kalo meditasinya mah sama, tapi kalau itu mah niatnya yang beda atuh kang. πŸ˜€

  28. Pulang main futsal, bikin postingan narsis
    blokwaking ke siniπŸ˜€

    • Saya malah sekarang jarang sekali berolahraga kang, biasa kalo pagi Joging2 tapi malah saat2 ini kalo pagi kerap kali hujan turun. 😦

  29. ikutan nyimak n menyerap ilmu gan..

    • Monggo dan silahkan…, πŸ™‚

  30. sayangnya banyak orang meditasi buat cari kode buntut
    sesat deh…
    salaml sukses//

    sedj

    • Yach…..,kalo itu mah saya kagak setuju brow. πŸ™‚

  31. ketika kita bermesraan dengan Sang Khalik di sepertiga malam,
    juga termasuk meditasi yang mampu memberikan kesehatan lahir dan bathin ya HudaπŸ™‚
    salam

    • Selain kesehatan lahir batin, pastinya dapat nilai tambahan berupa ketaqwaan dari sang pencipta juga ya Bunda, πŸ™‚

  32. benar itu mas huda. Tapi gimana ya caranya biar kusuk? soalnya kalau aku ibadah kebanyakan cuma kayak orang dikejar anjing hahaha

    • hhe…, :mrgreen: yang pasti biar ingin khusyu’ itu yang pertama harus ada kemauan dari dalam diri. setelah itu coba lepas segala beban pikiran dalam hati dan jiwa, kemudian pasrahkan saja semua kepada sang pencipta dan cobalah fokuskan jiwa,raga,dan batin ini kepada satu titik yaitu kekuasaan dan keagunganNYA. InsyaALLAH kamu pasti akan menemukan dimensi tersendiri dalam heningnya bercumbu dengan sang maha kuasa. πŸ™‚

  33. meditasi menenangkan pikiran, apalagi dilakukan di tengah malam ya..
    hening pikiran bening hehe

    • apalagi jika tengah malam itu kita isi sambil berdzikir akan keagunganNYA, pastilah mendapat nilai Plus lagi itu Bang. πŸ™‚

  34. jalan-jalan malam ketempat sahabat, semoga sukses selalu…

  35. dengan sholat kita bisa menyegarkan badan dan dengan berdoa atau berdzikir bisa menenangkan pikiran

    • yaps…..,setuju sekali brow. πŸ˜€

  36. sangat bermanffaat juga ya..
    jadi pingin..
    hhe hhe,
    lamz knal ka..
    makasih.

  37. ternyata ibadah kita punya efek positif buat kesehatan. Allah Maha Besar.

    • Yaps…,tentu dong. πŸ™‚

  38. zikir abis sholat aplg sholat malam. yakin mas bnar2 meditasi yg ampuh. tiada duanya

    salam sy,
    alhamdulillah, tlh dirilis http://pedulisausan.blogspot.com. tetap mhon do’anya

    • He’em sekali mbak, saya sependapat deh ma hal yang satu ini. πŸ™‚

  39. Salam kenal dari Indah bagi membalas kunjungan di blog Indahkasihku.
    maaf, baru hadir kerana baru kembali aktif ngeblog semula.

    Cukuplah dengan mengingati Allah baik berdiri, duduk, baring, berjalan dan seumpamanya menjadi bekal dalam memelihara keselamatan, kesihatan dan kesyukuran apabila ditimpa keresahan. Dekati diri dengan Allah, maka Allah akan lebih dekat kepada kita. Insya Allah.

    • Amin…,semoga kita termasuk orang2 yang di Rahmati oleh ALLAH SWT.πŸ™‚

  40. tapi hati-hati jangan sampai hati dan pikiran kosong, nanti yang ada malah dirasuki oleh mahluk gaib, kunjungi balik di http://abuhannanassundawi.wordpress.com/category/adab/

    • InsyaALLAH tidak kang, niatnya kan dzikir ma yang maha kuasa. So, gakkan pernah kosong dong ni pikiranπŸ™‚

  41. setujuhhh,,berdzikir serasa lbh dekat dgn sang pencipta dan terasa lbh damai

    • Hu’um….,betul sekali, πŸ˜€

  42. Demikian juga dengan Islam yang melakukan meditasi sambil Berdzikir (tafakur) dengan berulang-ulang menyebut Asma ALLOH SWT, yang merupakan rangkaian ibadah Sakral namun juga berkhasiat mendapatkan kesehatan Lahir dan batin.

    like this,mas.

    • yaps…., makasih yach πŸ™‚

  43. bener mas, banyak manfaat yang kita peroleh dari berzikir,. salam kenal.

    • Salam kenal juga kang, semoga tulisan ini memberi manfaat tuk kita semua. πŸ™‚

  44. intinya meditasi itu merilekskan diri iya kan?

    jangan stress menghadapi sakit/cobaan hidupπŸ˜€

    • yaps….,kayaknya kayak gitu juga deh kang, hhe πŸ™‚

  45. kang huda ijin tukar link ya

    • Yaps….,OK.
      LInk nya langsung kupajang di blogroll deh. πŸ™‚

  46. mumpung PERSIB & Bontang FC lg setengah main
    main ke sini ahπŸ˜€

    • Terimakasih yach kang Achoey, dirimu emang gak pernah bosen2nya berkunjung ke blog saya yang sederhana dan apa adanya ini. πŸ™‚

  47. di tunggu posting berikutnya…πŸ˜€

    • Thanks ya telah sabar menunggu, saya malah gak enak nih jarang buat postingan kayak gini. πŸ™‚

  48. kemaren saya juga sempet meditasi [mogok ngeblog] gara-gara hosting errorπŸ˜€

    • hhe….,aku tahu-aku tahu. πŸ™‚

  49. Kalo di Banjarmasin, namanya “Balampah” sinonim dengan “bertapa”

    • Thanks telah berkenan menambah kosakata saya tentang hal ini ya kang. πŸ™‚

  50. back to nature….salam

    • Salam juga. πŸ™‚

  51. oh begitu ya, baru tahu saya., klo saya sih sukanya meng hipnosis diris sendiri

    • wah….,bagaimana juga tu caranya ??? πŸ˜†

  52. Subhanalloh walhamdulillahi walailahaillallohu wallohu akbar… tulisan luar biasa!!!

    • syukron dan terimakasih kawan. πŸ™‚

  53. masih meditasi mas..?πŸ˜†

  54. udah selesai kang .πŸ˜€

  55. pengen juga ikut meditasi dibawah gunung merapi ah… (lho.. itu mah betapa yak whehehe)

  56. Banyak meditasi nggak bawa hasil, (terutama yang dari agama mayoritas di negeri ini) bukan karena agamanya, bukan karena bacaannya, cuman, karena mereka membaca doa, namun doa tersebut artinya apa, ia sendiri gak ngerti artinya, pesen kita, pahami dulu arti doa tersebut, klo gak bisa, ya…. Berdoalah dalam bahasa yang anda pahami… Semesta sangat peka terhadap getaran energi pikiran kita, klo kita mengucapkan doa / kata kata yang tidak kita pahami, tak ada yang akan terjadi…

    • Refrensi yang bagus mas,πŸ™‚

  57. Manfaat meditasi yang disamping dapat mendekatkan diri pada Yang Kuasa juga menjadikan tubuh tambah sehat.

    • Yaps….,aku setuju .

  58. Yaps! memang banyak manfaat dari meditasi …

    Salam sukses …

  59. thanks gun infonya i like this

  60. Setuju banget emang penting itu mediasi. Apalagi klo sering dzikir, mediasi yg selain sehat juga pahala ya insyaAllah. Duh jadi malu saya jarang ngelakuin itu. Makasih ah jadi teringatkan.

    salamπŸ™‚

  61. .Mencari ketenangan jiwa dengan meditasi…Meditasi adalah relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik membebani maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Dengan kata lain meditasi melepaskan kita dari penderitaan pemikiran baik dan buruk yang sangat yang secara berhubungan langsung dengan kelekatan kita terhadap pikiran dan penilaian tertentu. Kita mulai paham bahwa hidup merupakan serangkaian pemikiran penilaian dan pelepasan subjektif yang tiada habisnya yang secara mulai kita lepaskan.

  62. Sy sudah mnjln kn meditasi slama 1 bulan tpi sy blum merasakan kesembuhan hanya saya merasakan sprti ada ssuatu yg brjln dlm tubuh sy apakah sy bisa di katakan brhasil dlm meditasi tsbt mohon pnjelasan,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: