Oleh: hudaesce | 15/09/2010

Berfikirlah secara jernih

Aku masih ingat dengan jelas beberapa waktu yang lalu,ketika aku masih duduk dibangku salah satu madrasah aliyah yang letaknya disudut kota yang agak terpencil dan jauh dari keramaian dan kebisingan kota.kala itu  sehabis pulang sekolah aku gak langsung pulang kerumah karena kebetulan pada waktu itu aku punya janji dengan salah satu temen untuk bertemu disalah satu sudut sekolah ku tersebut.

Belum jauh kaki ini ku langkahkan untuk pergi menemuinya,ternyata tanpa kusadari dia sudah ada dibelakangku & memanggilku.kemudian dia mengajakku untuk duduk dibangku depan kelas tersebut,tanpa basa-basi dia langsung mengutarakan maksudnya dan bercerita bahwa saat itu dia lagi benci,dan tidak suka dengan kelakuan sahabatnya yang akhir-akhir ini sering kali membuat dirinya kesel dan marah terus.setelah dia mengakhiri ceritanya,langsung saja aku mengambil selembar kertas HVS dalam tas cangklong warna hitam kesayanganku lalu dikertas tadi aku beri lingkaran hitan yang sangat kecil.

Kemudian aku menodongkan selembar kertas tersebut didepannya sambil bertanya “Apa yang kamu lihat disini ?” lalu dengan tegas diapun menjawab “Sebuah lingkaran hitam yang kecil”.setelah itu aku berkata kepadanya “mengapa kamu mengatakan bahwa yang kamu lihat ini ad lah sebuah lingkaran hitam yang sangat kecil,kenapa kamu tidak mengatakan bahwa ini adalah sebuah kerts yang putih”.

Dari uraian diatas itu mungkin sejenak kita dapat  merenung dan berpikir,bahwa kebanyakan dari kita itu adalah seorang yang terlalu mudah menilai seseorang tanpa mau melihat lebih jauh siapa dia sebenarnya.memang terkadang seorang sahabat juga menyakiti hati kita,sering kali membuat kita marah sebel dan lain sebagainya.namun,dilain sisi tetap saja dia adalah sahabat kita yang menemani kita dikala sedih dan membantu kita disaat kita perlu pertolongan.


Responses

  1. minal aidin yah sob.. mohon maaf lahir dan bathin.. semoga makin mantap selalu!

    • ya sama-sama mas,….,

      • link blog sobat udah ada di annunaki. ada di section H sidebar blogroll

  2. Suatu hal harus dilihat dari berbagai sudut pandang ternyata, jangan hanya dilihat dari sudut pandang negatif saja.

    • betul,betul,betul…….,

      • sebenarnya semua sudut pandang itu sama2 benar. yg bilang itu kertas putih dan lingkaran hitam tidak ada yg salah. perbedaan sudut pandang yg dipahami sebagai sebuah kekayaan justru dapat memperkaya kedua belah pihak. masalah terjadi apabila satu orang merasa sudut pandangnya lebih tinggi dan lebih luas atau lebih bijak daripada orang lain🙂

  3. bagus sekali postingannya..🙂

    mudah mudahan kita selalu dapat melihat sisi lain yang positif dari setiap kejadian yang terjadi…amien….🙂

    • Amin juja…,Thanks,udah mau mampir ke Blog ku yang amat,sangat terlalu sederhana ini……..,

  4. dengan kata lain, jangan menilai orang terlalu cepat dgn melihat hanya melalui tampilannya saja ya Huda .
    salam

    • betul sekali bunda,karena segala yang tampak belum tentu itu hakikatnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: